Kimia

Semaga blog ini bermanfaat...

Selasa, 02 Desember 2014

Bahasa indonesia

MAKALAH BAHASA INDONESIA
TENTANG SEJARAH PERKEMBANGAN, KEDUDUKAN, FUNGSI DAN RAGAM BAHASA INDONESIA


Disusun oleh kelompok 1:
1.    Irmayani Octadina
2.    Nurhidayanti
3.    Ulfa Rahmi
4.    Zakia Maulina


1A D-III GIZI
POLTEKKES KEMENKES PADANG
2014/2015



KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah Tuhan pencipta alam semesta beserta makhluk ciptaan-Nya, salawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Yang telah membawa seluruh umat Islam dari zaman yang penuh kesesatan menuju zaman yang penuh rahmat.
Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dalam mata kuliah Bahasa Indonesia, dan untuk mengembangkan kemampuan dalam penyusunan makalah, maka dengan segenap yang kami miliki dengan menghaapkan  ridha Allah SWT maka tersusunlah makalah yang masih sangat sederhana ini.
Dan kami ucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing dalam mata kuliah “Bahasa Indonesia” yang telah meemberikan kesempatan kepada kami untuk melatih dan mengukur kemampuan kami tentang mata kuliah ini.
Kami selaku penulis dan penyusun  makalah ini sadar bahwa makalah ini masih terdapat banyak kesalahan-kesalahan baik dalam hal penulisan maupun dalam hal penyusunan atau yang lainnya, maka dari itu kami mengharapkan saran dan kritik dari pembaca agar kami bisa memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terjadi. Kami juga berharap buku ini bermanfaat bagi pembaca maupun bagi kami yang menyusun. Amin ya robbal’alamin.


Padang, 26 Agustus 2014


Penulis






DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR                                                                                              v
DAFTAR ISI                                                                                                              vi

BAB 1 PENDAHULUAN                                                                                        1
A.    Latar Belakang Masalah                                                                            1
B.     Rumusan Masalah                                                                                     1
C.     Tujuan Penulisan                                                                                       1

BAB 2 PEMBAHASAN                                                                                           2
A.    Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia                                                 2
B.     Kedudukan Bahasa Indonesia                                                                  4
C.     Fungsi Bahasa Indonesia                                                                          4
D.    Ragam Bahasa Indonesia                                                                          5

BAB 3 PENUTUP DAN SARAN                                                                            6

DARTAR PUSTAKA                                                                                                            7






BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang Masalah
     Pada zaman sekarang masih banyak mahasiswa yang tidak tahu sejarah perkembangan, kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia.
     Oleh kerena itu penulis ingin mengajak pembaca untuk lebih tahu dan memahami mengenai sejarah perkembangan, kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia.  
B.     Rumusan Masalah

1.      Jelaskan perkembangan bahasa indonesia!
2.      Bagaimana kedudukan bahasa indonesia?
3.      Apa fungsi bahasa indonesia?
4.      Apa ragam-ragam bahasa indonesia?

C.     Tujuan Penulisan
Untuk mengetahui sejarah perkembangan, kedudukan, fungsi dan ragam-ragam bahasa Indonesia.







BAB II
PEMBAHASAN

A.    Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia
     Bahasa Indonesia yang kita kenal sekarang berasal dari bahasa Melayu. Bahasa Indonesia berkembang dan dikembangkan dengan modal utamanya adalah bahasa Melayu yang penutur aslinya di tanah Melayu yakni sebagian besar daratan pulau Sumatera dan daratan Malaysia sekarang.
     Pertumbuhan bahasa Melayu yang di yakini banyak orang telah menjadi bahasa Indonesia di wilayah penutur kepulauan Nusantara dapat dikemukakan dengan rumusan metematika: BM + bd + ba. Artinya, modal utama bahasa Indonesia sekarang adalah bahasa Melayu (Grafem BM kapital); kemudian bahasa Melayu itu diperkaya dengan sebagian kecil kosakata bahasa daerah dan sebagian kecil kosakata bahasa asing (bd dan ba dengan grafem kecil). Pemerkayaan bahasa Melayu yang dipakai pada masa sebelum kemerdekaan di sebagian besar wilayah Nusantara juga
     Dengan demikian, bahasa Indonesia sekarang adalah bahasa yang berkembang dari telah diperkaya oleh bahasa daerah dan bahasa asing.bahasa Melayu. Artinya bahasa Melayu adalah dasar bahasa Indonesia sekarang. Secara resmi pengikraran bahasa Melayu menjadi bahasa Indonesia telah diptrikan melalui Sumpah Pemuda tanggal 28  Oktober 1928. Hal tersebut diungkapkan dengan ikrar ketiga pemuda dan pemudi Indonesia yang berbunyi: “kami poetera dan poeteri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatuan, bahasa Indonesia”.
    Keyakinan banyak orang tentang bahasa Indonesia yang dijunjung tinggi sabagai bahasa persatuan seperti yang diikrar tersebut adalah bahasa Melayu yang telah menjadi bahasa persatan pada masa itu di sebagian besar wilayah Nusantara.hal itu pernah diungkapkan oleh Ki Hajar Dewantara dalan Kongres Bahasa Indonesia 1 tahun 1939 di Solo (Tim Kamus Pembinaan dan Pengetahuan Bahasa, 1997:xxv) seperti berikut ini.

“Jang dinamakan ‘Bahasa Indonesia’ jaitoe bahasa malajoe jang soenggoengpoeng pokoknja berasal dari ‘Melajoe Riaoe’ akan tetapi jang soedah ditambah, dioebah ataoe dikoerangi menoroet keperloean zaman dan alam baharoe, hingga bahasa itoe laloe moedah dipakai oleh rakyat di seioeroeh Indonesia; pembaharoen bahasa Melajoe hingga menjadi bahasa Indonesia itoe haroes dilakoekan oleh kaoem ahli jang beralam baharoe, ialah alam kebangsaan Indonesia”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar